Archives's Categories

Sabtu, 17 September 2011

Knowledge Management

Perbedaan data, informasi, knowledge dan wisdom menjadi penting dalam KM, karena ketidak jelasan perbedaan potensial menimbulkan referensi dan kesalahan dalam KM itu sendiri. Karena ada kemungkinan suatu organisasi menyatakan telah menetapkan KM, tetapi pada kenyataanya yang terjadi baru sampai kepada tahapan manajemen data atau organisasi.

  • Data : berupa simbol-simbol
  • Informasi : data yang diproses agar dapat dimanfaatkan sebagai penjelasan mengenai pertanyaan tentang "who", "what", "when" dan "where".
  • Knowledge : merupakan aplikasi dari data dan informasi dan menjawab pertanyaan "how".
  • Understanding : mengapresiasi pertanyaan "why"
  • wisdom : evaluasi dari understanding
  • KM : pengolahan knowledge perusahaan dalam menciptakan nilai bisnis (business value) dan menghasilkan keunggulan kompetitif yang berkesinambungan dengan mengoptimalkan proses penciptaan, pengkomunikasian, dan pengaplikasian semua knowledge yang dibutuhkan dalam rangka pencapaian tujuan bisnis (Amrit Tirwana, 2001)
Proses perubahan data menjadi sebuah informasi menurut Davenport dan Prusak (1998) dilakukan dengan beberapa tahap yaitu sebagai berikut :
  • Contextualized : memahami manfaat data yang dikumpulkan
  • Categorized : memahami unit analisis atau komponen kunci dari data
  • Calculated : menganalisis data dengan cara statistik atau matematik
  • Corrected : menghilakan kesalahan (error) dari data
  • Condensed : meringkas data dalam bentuk ringkas dan jelas
Proses perubahan informasi menjadi knowledge  menurut Davenport dan Prusak (1998) dilakukan dengan beberapa tahap yaitu sebagai berikut :
  • Comparison : membandingkan informasi pada situasi tertentu dengan situasi-situasi lain yang telah diketahui
  • Consequences : menemukan implikasi-implikasi dari informasi yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan tindakan.
  • Connections : menemukan hubungan-hubungan bagian-bagian kecil dari informasi dengan hal-hal lainnya
  • Conversations : membicarakan pandangan, pendapat serta tindakan orang lain terkait informasi tersebut
Menurut Ackoff (1989) kateristik wisdom antara lain yaitu :
  • Wisdom merupakan tingkat pemahaman dan kesadaran yang tertinggi dari manusia
  • Wisdom merupaka jawaban terhadap permasalahn manusia dalam periode waktu tertentu belum terjawab
  • Wisdom berada dalam jiwa dan pikiran, yang hanya dimiliki oleh manusia
  • Wisdom mengandung etika dan moral
Siklus Knowledge
Empat model konversi knowledge ( SECI, Process, Nonaka & Takeuchi, 1995) :
  • Sociliazation : merupakan proses sharing dan penciptaan tacit kowledge melalui interaksi dan pengalaman langsung.
  • Externalization : merupakan pengartikulasian tacit knowledge menjadi explicit knowledge melalui proses dialog dan refleksi.
  • Combination : proses konversi explicit knowledge menjadi explicit knowledge yang baru melalui sitematisasi dan pengaplikasian explicit knowledge dan informasi.
  • Internalization : Proses pembelajaran dan akusisi knowledge yang dilakukan oleh anggota organisasi terhadap explicit knowledge yang disebarkan ke seluruh organisasi melalui pengalaman sendiri sehingga menjadi tacit knowledge anggota organiasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar